Wapres: ASN berkualitas kunci keberhasilan perombakan birokrasi

Wapres: ASN berkualitas kunci keberhasilan perombakan birokrasi

Jakarta (ANTARA) awut-awutan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan aparatur sipil negara (ASN) berisi, unggul, dan berintegritas merupakan kunci keberhasilan penyederhanaan birokrasi di Nusantara.

“Keberhasilan reformasi birokrasi sangat ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berintegritas, yang sangat dibutuhkan sebagai agen perubahan untuk kemajuan, ” sebutan Wapres Ma’ruf dalam acara Catatan dan Penganugerahan Zona Integritas yang diselenggarakan secara virtual dari Jakarta, Senin.

Baca juga: Wapres: ASN harus kuasai literasi digital

Reformasi birokrasi ialah pilar yang menentukan keberhasilan pandangan Indonesia Maju, sehingga pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat penyederhanaan birokrasi tersebut di seluruh kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian serta pemerintah daerah.

“Kita menetapkan terus memperkuat langkah dan memperluas cakupan zona integritas, serta menciptakan tata kelola pemerintahan yang terang, pelayanan publik yang optimal, daya birokrasi yang handal dan akuntabel, serta SDM aparatur yang cakap, ” katanya.

Kejayaan pelaksanaan reformasi birokrasi juga harus didukung dengan upaya serius dalam menciptakan zona Integritas menuju Provinsi Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Menangkap juga: Wapres: “Mindset” ASN harus diubah dalam digitalisasi pelayanan terbuka

Sebab karena itu, Wapres mendorong lembaga dan unit kerja pemerintahan yang belum meraih predikat WBK & WBBM untuk memperbaiki dan memajukan kinerja instansi.

“Saya minta agar terus berbenah diri dan berupaya untuk mengejar ketertinggalan dan membenahi segala kekurangan, ” katanya.

Wapres pula mengapresiasi penyelenggaraan Penganugerahan Zona Perangai menuju WBK dan WBBM Tahun 2020 yang dilaksanakan secara rutin berdekatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Baca juga: Wapres: Indeks e-government Indonesia masih rendah di ASEAN

“Kegiatan ini berdekatan dengan rujukan Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember. Suatu momentum yang tepat untuk mengingatkan kita semua agar tetap menjunjung tinggi integritas institusi negeri, ” ujarnya.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020