satu. 743. 343 Relawan Desa Lawan COVID-19 terbentuk di 61

satu. 743. 343 Relawan Desa Lawan COVID-19 terbentuk di 61. 670 desa

banyaknya jumlah relawan tersebut menunjukkan bahwa desa telah siap melakukan langkah-langkah penanganan COVID-19.

Jakarta (ANTARA) – Departemen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan sebanyak 1. 743. 343 Relawan Daerah Lawan COVID-19 telah terbentuk pada 61. 670 desa untuk menjalankan wabah tersebut.

“Jadi jumlah relawannya, menurut data kemarin itu sudah 1. 743. 343 orang, ” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam Konferensi Pers melalui Webinar di Kemendes PDTT Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan banyaknya jumlah relawan tersebut menunjukkan bahwa desa telah siap melakukan langkah-langkah penanganan COVID-19.

Berdasarkan rasio jumlah relawan di desa-desa tersebut, maka pada setiap relawan akan menangani 68 awak desa.

“Kalau belakang relawannya tambah, maka rasionya semakin kecil juga, karena keluarga desa tidak semuanya membutuhkan penanganan. Bermanfaat nanti lebih kecil lagi penanganannya, ” kata dia.

Baca juga: Relawan desa, benteng cegah COVID-19

Mendes Halim mengatakan para relawan tersebut mempunyai sejumlah tugas, antara lain menganjurkan edukasi kepada masyarakat tentang COVID-19, mendata penduduk yang rentan lara, menyediakan ruang isolasi COVID-19 dalam desa dan menyemprotkan disinfektan beserta menyediakan tempat cuci tangan secara sabun atau handsanitizer di wadah umum.

Kemudian itu juga menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini, perlindungan dan pencegahan penyebaran wabah yang dikoordinasikan secara Puskesmas atau tenaga-tenaga kesehatan pada pedesaan.

Mereka selalu ditugaskan untuk menyediakan alat deteksi dini nonmedis, informasi nomor telepon rumah sakit rujukan dan ambulans, mendirikan Pos Jaga Gerbang Dukuh dan memastikan tidak ada gerombolan banyak orang serta menangani logistik untuk kepentingan warga desa dengan menjalan isolasi.

Baca juga: Mendes PDTT buat protokol desa tanggap COVID-19

Pewarta: Katriana
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020