presiden-resmikan-plbn-sota-di-merauke-papua-1

Presiden resmikan PLBN Sota dalam Merauke Papua

PLBN Terpadu Sota  adalah PLBN kedelapan yang dibangun di perbatasan-perbatasan Indonesia.

Jakarta (ANTARA) – Kepala RI Joko Widodo meresmikan Pos Lintas Batas Negeri (PLBN) Sota  di Merauke, Papua, di sela hari kedua kunjungan kerjanya di Papua, Minggu.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengirimkan harapan agar PLBN Sota dapat memberikan pelayanan yang baik dan nyaman kepada masyarakat yang hendak berjalan menuju Papua Nugini.

“Saya berharap PLBN Sota akan memberikan pelayanan yang lebih baik & lebih nyaman kepada umum kita Indonesia yang mengarungi perbatasan Indonesia menuju Papua Nugini, ” ujar Pemimpin dalam sambutannya pada peresmian PLBN Sota yang disiarkan langsung melalui YouTube Tata usaha Presiden.

Kepala menyampaikan kawasan perbatasan ialah beranda depan Indonesia dengan mewakili wajah bangsa dengan harus terus dibangun agar bisa menjadi representasi perkembangan Indonesia dan membanggakan seluruh masyarakat.

Jokowi menyampaikan sejak 7 tarikh terakhir telah memerintahkan buat membangun kembali PLBN dalam berbagai titik di semesta tanah air.

“Dengan wajah baru, dengan tampilan baru dan pula yang paling penting dengan cara-cara pelayanan yang mutakhir, yang lebih baik, dengan menjadi cerminan komitmen kita untuk membangun Indonesia sejak kawasan perbatasan, ” ujarnya.

Presiden mengucapkan bahwa  PLBN Terpadu Sota  merupakan PLBN kedelapan yang dibangun di perbatasan-perbatasan Nusantara, serta merupakan PLBN ke-2 yang dibangun di Papua setelah PLBN Skouw di Jayapura.

Kepala melihat PLBN Sota dibangun dengan konsep terintegrasi serta memiliki fasilitas lengkap, jarang lain bangunan komersial, fasilitas umum, fasilitas sosial, mes  pegawai, tempat ibadah, rekan, jalan  pedestrian, area parkir, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Presiden berniat PLBN Sota dapat meningkatkan pelayanan di wilayah tapal batas serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra perekonomian baru dan menghasilkan masyarakat di perbatasan bahkan cinta dan bangga kepada Indonesia.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirohim dan secara nama Tuhan Yang Sungguh Pengasih lagi Maha Penggemar, Pos Lintas Batas Negara Terpadu Sota saya nyatakan diresmikan, ” ujar Presiden.

Peresmian ditandai dengan pemukulan alat musik Tifa dan penandatanganan piagam.

Turut hadir dalam peresmian tersebut jarang lain Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri Tito Karnavian, Pemimpin TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Ketua DPR MENODAI Puan Maharani.

Baca juga: PON Papua momentum satuan dan persatuan bangsa

Baca juga: Warga Papua antusias saksikan pembukaan PON Papua

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D. Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021