Menko Luhut-Erick Thohir ke Jepang cari dukungan untuk SWF Indonesia

Menko Luhut-Erick Thohir ke Jepang cari dukungan untuk SWF Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri BUMN Erick Thohir bertolak ke Tokyo, Jepang, untuk mencari sokongan dalam pendirian Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan Menko Luhut Pandjaitan & Menteri BUMN Erick Thohir rencananya akan berbicara dengan pemerintah serta pengusaha terkait di Tokyo di dalam 3-4 Desember 2020 untuk memperoleh dukungan Negeri Matahari Terbit di pembentukan SWF.

“Kunjungan kedua menteri ini juga adalah tindak lanjut dari kesepakatan Kepala RI Joko Widodo dan PM Jepang di Bogor, tanggal 20 Oktober 2020, ” kata Heri.

Menangkap juga: Erick Thohir: SWF bakal percepat pembangunan proyek strategis nasional

Heri menambahkan Menko Luhut Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan bertemu sejumlah pejabat Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) dan beberapa lembaga keuangan dalam Jepang termasuk Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Sovereign Wealth Fund (SWF) Nusantara yang akan dinamakan Nusantara Investment Authority merupakan lembaga yang dibentuk melalui UU Nomor 11/2020 mengenai Cipta Kerja yang diberi kewenangan khusus guna mengelola dana investasi. Lembaga itu akan berfungsi menamsilkan investasi dan menunjang pembangunan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Luhut proyeksi SWF himpun dana hingga 100 miliar dolar dalam dua tahun

Pemerintah Indonesia mengharapkan SWF dapat mendorong perubahan iklim investasi, pengembangan nilai aktiva negara dan menunjang pembangunan ekonomi, khususnya dalam mendukung realisasi proyek-proyek prioritas nasional.

Selain penjajakan dukungan dari Jepang, negeri Indonesia juga tengah menjajaki dukungan dari Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab (UEA).

Baca juga: Luhut: Aturan SWF rampung bulan depan, Januari 2021 mulai beroperasi
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020