Kapolda: Ada indikasi kebocoran dalam tangki yang terbakar pada Balongan

Indramayu (ANTARA) – Kepala Kepolisian Wilayah (Kapolda) Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan bahwa ada laporan melanda indikasi kebocoran pada pipa tangki minyak yang melalak di kilang minyak RU VI Balongan  di Kabupaten Indramayu.

“Kami mendapatkan informasi tadi bahwa tersedia rembesan atau kebocoran dalam pipa tangki yang menyala, ” katanya di Indramayu, Senin.

Kebocoran tersebut, menurut dia, diduga memicu terbakarnya tangki minyak di kilang minyak RU VI Balongan.


Warga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.

“Saya kira akibatnya tersebut, tetapi ini informasi pembukaan, karena semalam itu ada petir yang cukup gede juga. Namun ini data awal, selebihnya nanti, ” katanya.

Seorang awak Blok Kesambi, Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, yang bertanda Yati (40) mengatakan bahwa dia mencium bau bengis di area kilang Balongan  sebelum ledakan dan kebakaran terjadi.

“Karena saya setiap hari di sana jadi tahu tepat bau ini bukan dengan seperti biasa. Baunya laksana bensin, ” kata Yati  mengenai bau menyengat yang tercium di area pabrik pada Minggu (23/3) kira-kira pukul 23. 00 WIB, beberapa jam sebelum ledakan keras dan kebakaran berlaku di sana.

Kebakaran yang terjadi dalam satu tangki minyak dalam kilang RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, hingga saat ini belum dapat dipadamkan.  

Baca juga:
Kebakaran tangki kilang minyak Balongan belum bisa dipadamkan
Polri kerahkan Inafis telusuri penyebab kebakaran di kilang Balongan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021