Hujan lebat di kualifikasi, Hamilton ambil pole position GP Styria

Hujan lebat di kualifikasi, Hamilton ambil pole position GP Styria

Jakarta (ANTARA) – Pebalap awak Mercedes Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Styria sesudah tampil tercepat di babak kondisi yang diguyur hujan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu.

Hamilton memuncaki kualifikasi dengan waktu terbaik satu menit 19, 273 detik, terpaut 1, 216 detik dari pebalap Red Bull Max Verstappen di tempat ke-2, demikian laman resmi F1.

Kemudian Carlos Sainz menyimpan P3 untuk McLaren setelah ulung hanya 0, 030 detik lantaran catatan waktu pebalap Mercedes Valtteri Bottas yang akan start daripada P4.

“Sangat senang bisa kembali ke sini simpulan pekan ini dan menempati P3 untuk pertama kalinya di karirku, ” kata Sainz.

Baca juga: F1 resmi masukkan Sirkuit Mugello dan Sochi di revisi kalender 2020
Baca juga: FIA peringatkan Ferrari menyusul pelanggaran protokol COVID-19

Sebelumnya, lebih awal di hari yang sama, sesi latihan bebas terakhir (FP3) hari itu terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk dan kondisi jalan yang membahayakan karena hujan lebat.

Setelah race director menyatakan aman, para pebalap kendati menjalani kualifikasi dengan ban basah di bawah tingkat visibilitas kecil karena hujan masih mengguyur jalan.

“Hari yang suram. Sering kalian tak bisa melihat kemana kalian melaju… aku suka hari-hari ini. Aku kira saya siap untuk kedua kondisi (di balapan nanti), ” kata Hamilton.

Sergio Perez, yang memuncaki FP1 dengan mobil Racing Pointnya, gagal memperbaiki catatan waktunya setelah kurang dari satu menit jelang bubaran Q1 Antonio Giovinazzi kehilangan kendali mobil Alfa Romeonya pada Tikungan 10 yang menyebabkan bagian pertama kualifikasi disudahi lebih pokok.

Kimi Raikkonen, Perez, Nicholas Latifi, Giovinazzi dan Romain Grosjean tereliminasi di Q1 dan hendak start dari lima posisi terakhir di balapan nanti.

Baca juga: Kemungkinan Red Bull tertutup untuk Vettel
Baca juga: Tak tersedia tempat juga untuk Vettel pada Racing Point

Kondisi trek ketika Q2 tak berubah dan para pebalap kesulitan memperbaiki catatan waktunya untuk lolos ke sesi kualifikasi final.

Pebalap Ferrari Charles Leclerc merasakan sulitnya melaju pada kondisi tersebut dan tak cukup cepat untuk lolos ke Q3. Sang pebalap Monako itu kudu puas dengan posisi start ke-11.

George Russell mampu membawa mobil Williams FW43 menyimpan P12, di depan mobil Racing Point Lance Stroll, AlphaTauri Daniil Kvyat dan mobil Haas Kevin Magnussen.

Seperti yang diungkapkan Verstappen, hujan semakin keras ketika memasuki 15 menit ke-3 babak kualifikasi di mana tinggal sepuluh pebalap yang lolos untuk memperebutkan pole position.

“Secara keseluruhan ini kualifikasi yang bagus. Di Q3 hujan bertambah deras dan kami kesulitan di kondisi yang sangat basah itu. Aku rasa P2 baik dan di kondisi kering kami bisa memiliki peluang bagus untuk lulus, ” kata Verstappen, yang simpulan pekan lalu gagal finis dalam Austria itu.

Esteban Ocon tertinggal 1, 6 detik dari pemuncak kualifikasi sebagai pebalap Renault tercepat di P5, namun rekan satu timnya, Daniel Ricciardo akan start dari P9.

Lando Norris, yang menahan sakit di dada ketika sesi latihan Jumat, kini merasa bertambah baik setelah mendapat perawatan & konsultasi dengan spesialis. Pebalap muda Inggris itu akan finis P6 di kualifikasi dan akan start di depan Alexander Albon lantaran tim Red Bull, dan Pierre Gasly dari AlphaTauri.

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel melengkapi posisi start 10 besar dengan mobil Ferrarinya.

Baca pula: FIA peringatkan Ferrari menyusul pengingkaran protokol COVID-19
Baca serupa: Bottas dan Leclerc bela diri setelah ketahuan pulang ke Monako

Hasil kualifikasi Grand Prix Styria
1 Lewis Hamilton – Mercedes 1: 19, 273
2 Max Verstappen awut-awutan Red Bull Racing +1, 216
3 Carlos Sainz kacau McLaren +1, 398
4 Valtteri Bottas – Mercedes +1, 428
5 Esteban Ocon – Renault +1, 649
6 Lando Norris – McLaren +1, 652
7 Alexander Albon – Red Bull Racing +1, 738
8 Pierre Gasly – AlphaTauri +1, 755
9 Daniel Ricciardo – Renault +1, 919
10 Sebastian Vettel – Ferrari +2, 378
11 Charles Leclerc -Ferrari
12 George Russell – Williams
13 Lance Stroll – Racing Point
14 Daniil Kvyat – AlphaTauri
15 Kevin Magnussen porakporanda Haas F1 Team
16 Kimi Räikkönen – Alfa Romeo Racing
17 Sergio Perez – Racing Point
18 Nicholas Latifi – Williams
19 Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo Racing
20 Romain Grosjean Haas F1 Team
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020