Bottas rebut pole position dari Hamilton ketika F1 kembali ke Imola

Bottas rebut pole position dari Hamilton ketika F1 kembali ke Imola

Jakarta (ANTARA) – Valtteri Bottas  merebut pole position  Metode 1 Grand Prix Emilia Romagna di Imola, Italia, Sabtu pada saat rekan satu timnya Lewis Hamilton mengunci baris terdepan buat Mercedes yang dominan.

Ke-2 pebalap Mercedes itu dipisahkan secara margin tipis 0, 097 denyut di babak kualifikasi berkat manuver lap terakhir sang pebalap Finlandia dengan waktu satu menit 13, 609 detik untuk pole position ke-13 bagi Mercedes dari 13 balapan yang telah digelar musim ini.

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen finis peringkat tiga di setelah perkara power unit di fase ke-2 kualifikasi memaksa para mekanik menyiapkan mobil pebalap asal Belanda itu.

Pierre Gasly hadir impresif mengunci P4 untuk awak AlphaTauri.

Baca juga: Hamilton kalahkan Verstappen di satu-satunya sesi latihan di Imola
Baca juga: Mercedes siap kunci titel juara negeri konstruktor ketujuh di Imola

Mercedes paling tidak harus finis peringkat 4 di balapan pada Minggu nanti untuk mengunci gelar konstruktor ketujuh kalinya secara beruntun.

Formula 1 kembali ke Imola untuk pertama kalinya sejak 2006 ketika krisis kesehatan global memaksa pengenalan sirkuit baru ke takwim musim 2020.

Tersebut akan menjadi sirkuit ketiga pada Italia yang menjadi tuan panti balapan tahun ini setelah Monza dan Mugello.

“Trek ini, ketika kalian injak udara dalam-dalam, terasa cantik. Saya tahu saya harus memperbaiki diri di lap terakhir dan saya mendapat sedikit keunggulan yang saya perlukan, ” kata Bottas seperti dikutip Reuters.

“Perasaan yang luar biasa ketika kalian mendapatkannya.

“Ini akan menjadi pertarungan yang hebat. Salah satu jalur terpanjang di kalender menuju Tikungan 1 jadi tidak diragukan Lewis dan Max akan mengejar saya, tapi ini tempat dengan baik untuk start dan hendaknya lajunya bagus, ” kata Bottas yang meraih pole position keempatnya musim ini.

Baca juga: Wolff bicara persiapan suksesi kepemimpinan Mercedes
Baca juga: Gasly kenakan helm khusus mengenang Senna di Imola

Hamilton saat ini memimpin klasemen dengan keunggulan 77 poin dari Bottas setelah memenangi delapan balapan musim ini dan semakin dekat secara ambisinya menyamai rekor tujuh membuat juara dunia Michael Schumacher.

Pebalap Britania itu paling tidak harus menunggu hingga seimbang selanjutnya di Turki dalam besar pekan ke depan untuk mengunci gelar juara dunia.

“Valtteri melakukan tugas yang sungguh biasa. Lap yang cukup buruk dari saya sendiri. Hal seolah-olah ini sering terjadi, kalian tak pernah mendapatinya sempurna, ” introduksi Hamilton, yang tampil tercepat semenjak lap pertama di Q3.

Charles Leclerc membawa Ferrari ke posisi tujuh di buntut pebalap Renault Daniel Ricciardo & Alexander Albon dari tim Red Bull yang bakal start lantaran baris ketiga.

Daniil Kvyat membawa mobil AlphaTauri kedua ke posisi delapan, mengungguli duet McLaren Lando Norris dan Carlos Sainz.

Baca juga: Alpha Tauri pertahankan Gasly untuk Formula 1 musim 2021
Baca juga: Pola dua hari GP Emilia Romagna bakal berbeda dari balap F1 biasanya
Baca juga: Arab Saudi disiapkan untuk debut F1 tahun depan

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020