biden-janji-genjot-vaksinasi-ihsg-akhir-pekan-berpeluang-naik-1

Biden janji genjot vaksinasi, IHSG akhir pekan berpeluang naik

Bursa saham AS ditutup naik karena investor menyambut janji Pemimpin Joe Biden untuk meningkatkan upaya vaksinasi

Jakarta (ANTARA) – Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Pasar uang Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan berpeluang naik setelah Presiden Amerika Konsorsium Joe Biden berjanji bakal menggenjot upaya vaksinasi pada Negeri Paman Sam.

IHSG dibuka menguat 18, 73 poin atau 0, 31 persen ke status 6. 141, 61. Tatkala kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 5, 02 poin ataupun 0, 54 persen ke posisi 929, 69.

“Secara sentimen pergerakan IHSG di akhir pasar berpotensi menguat di tengah meredanya kekhawatiran investor setelah Presiden Joe Biden mengucapkan akan meningkatkan target ukuran vaksin, ” kata Kepala Riset Reliance Sekuritas Lanjar Nafi dalam kajiannya pada Jakarta, Jumat.

Bursa saham AS ditutup naik karena investor menyambut janji Presiden Joe Biden untuk meningkatkan upaya vaksinasi.

Baca juga: Wall Street menguat ditopang data pasti, Dow naik 199, 42 poin

Di tempat lain, pemulihan ekonomi AS terlihat pada jalurnya dengan keterangan terbaru yang menunjukkan kemerosotan klaim pengangguran mingguan dengan lebih besar dari dugaan.

Pedagang selalu menimbang ketegangan antara AS dan China, karena Biden menyoroti persaingan antara perut ekonomi terbesar itu dan menolak berkomentar tentang apakah tarif impor akan pasti diberlakukan.

Sebab komoditas, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) menguat setelah kemarin turun pas dalam akibat penguatan dolar dan penguncian yang menyusun di Eropa yang menumpulkan potensi dampak dari basi minyak mentah di asing Terusan Suez yang diblokir.

Investor boleh masih cukup psimistis dengan adanya pembatasan baru di Eropa yang menyebabkan volatilitas harga komoditas tambang energi maupun logam.

Baca serupa: Penguncian baru rusak tumpuan pemulihan, harga minyak anjlok 4 persen

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei menguat 315, 33 pokok atau 1, 1 persen ke 29. 045, 21, indeks Hang Seng naik 173, 06 poin atau 0, 62 persen ke 28. 072, 67, dan indeks Straits Times meningkat 7, 25 poin atau 0, 23 persen ke 3. 148, 96.

Menyuarakan juga: Saham Hong Kong dibuka positif, indeks HSI terangkat 0, 52 upah
Baca juga: Saham Tokyo dibuka naik intelek ditopang penguatan Wall Street

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021