bi-ajak-masyarakat-gunakan-uang-pecahan-rp75-ribu-sebagai-thr-lebaran-1

BI ajak masyarakat gunakan uang pecahan Rp75 ribu jadi THR Lebaran

Sekarang syaratnya satu KTP bisa menukar 100 eksemplar per hari dan bisa diulang setiap harinya

JAKARTA (ANTARA) – Bank Indonesia (BI) mendorong asosiasi menggunakan Uang Peringatan Kebebasan (UPK) Rp75 ribu sebagai Tunjangan Hari Raya (THR).

“Untuk perluasan penyulihan UPK 75, kami dorong tidak hanya sebagai koleksi tetapi juga sebagai THR untuk Lebaran ini, ” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim saat konvensi pers daring di Jakarta, Rabu,

Marlison mengatakan Bank Indonesia meresmikan kebijakan baru guna mengakui animo masyarakat untuk menukarkan UPK 75 Tahun RI.

Jika di kebijakan sebelumnya, satu NIK-KTP hanya dapat digunakan buat menukarkan UPK 75 Tarikh RI sebanyak 1 kali dengan jumlah 1 lembar per harinya, khusus periode Idul Fitri 2021 pada setiap NIK-KTP dapat menukarkan sebanyak 100 lembar setiap harinya.

Baca juga: BI tambah kuota penukaran uang kertas Rp75. 000 jadi dua kali lipat

“Sekarang syaratnya satu KTP bisa memindahkan 100 lembar per keadaan dan dapat diulang di setiap harinya, ” kata Marlison.

Selain tersebut untuk mekanisme dan periode penukaran UPK 75 periode Idul Fitri turut dipermudah. Jika sebelumnya penukaran pribadi paling cepat dilakukan dalam H+1 setelah melakukan pemesanan melalui website PINTAR (https; //pintar. bi. go. id), kini penukar individu bisa memilih waktu penukaran pada H+0. Masyarakat dan memesan dan menukar pada hari yang sama apabila pemesanan dilakukan sebelum pukul 11. 30.

Marlison menegaskan UP 75 Tahun RI merupakan alat pembalasan yang sah di segenap wilayah NKRI. Penukaran UPK 75 telah dibuka balik sejak 2 Maret dan dapat ditukarkan di Bank Indonesia maupun perbankan.

Baca juga: BI perluas kanal penukaran UPK 75 RI dengan libatkan semua bank

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © JARANG 2021