Barcelona tumbang di kandang Getafe

Barcelona tumbang di kandang Getafe

Jakarta (ANTARA) – Barcelona patuh 0-1 di kandang Getafe  pada laga Liga Spanyol di Gelanggang Coliseum Alfonso Perez, Sabtu periode setempat atau Minggu dini keadaan WIB.

Sebuah eksekusi hukuman dari Jaime Mata menjadi penentu kemenangan Getafe yang membuat mereka kini merangsek ke peringkat kedua klasemen dengan koleksi 10 poin.

Sedangkan Barcelona (7) yang menelan kekalahan perdananya musim ini melorot ke urutan kesembilan, demikian catatan laman resmi Bon Spanyol.

Baca juga: Antoine Griezmann puji Didier Deschamps dan sindir Ronald Koeman

Ronald Koeman menjawab kritik dengan dilontarkan Antoine Griezmann dengan mengangkat penyerang Prancis itu pada gaya penyerang lubang. Namun  Griezmann  tak mampu melunasi sesumbarnya ketika dia malah melepaskan tembakan melambung di atas mistar gawang kendati sudah berhadapan satu lawan satu secara kiper David Soria setelah menyambut umpan terobosan manis dari Frenkie de Jong pada menit ke-30.

Sepuluh menit sebelumnya, Lionel Messi melepakskan  tendangan molek yang sudah bisa menaklukkan Soria tetapi bola membentur tiang gawang.

Penampilan sabar Getafe berusaha membongkar celah pertahanan Barcelona terbayar ketika De Jong dianggap melanggar Djene Dakonam di zona terlarang dan wasit Cesar Soto Grado segera menunjuk titik suci.

Kesempatan itu digunakan sempurna oleh Mata yang memperdaya kiper pelapis Barcelona Neto untuk membawa Getafe memimpin pada menit ke-56.

Koeman  awut-awutan memasukkan Ansu Fati dan Philippe Coutinho, masing-masing untuk Ousmane Dembele dan Pedri.

Baca juga: Ronald Koeman girang lihat penampilan mengesankan Ansu Fati

Fati hampir membayar kepercayaan itu tetapi pada menit ke-79 peluangnya dimentahkan oleh Soria  ketika telah berhadapan  satu lawan satu serta ketika dia menyambar bola muntah, bendera hakim garis sudah terangkat menandakan remaja Spanyol itu telah berada dalam posisi offside.

Keasyikan menyerang, lini dapur Barcelona mulai kecolongan dan di dalam menit ke-83 Cucho Hernandez hampir membunuh pertandingan lebih awal bila tembakannya tak ditepis oleh Neto.

Enam menit lalu, Hernandez kembali mendapat peluang sejak serangan balik, tetapi kali ini pemain Kolombia itu malah mengulangi penyelesaian Griezmann dengan melepaskan tembakan melambung tinggi di atas mistar gawang.

Hernandez mampu saja menyesali kegagalan itu jika pada injury time  sundulan Dakonam menghalau umpan silang Barcelona terkonversi  meniadi  bunuh diri, beruntung bola masih membentur mistar gawang serta Getafe memastikan kemenangan tipis mereka.

Barcelona akan melayani Real Madrid dalam El Clasico edisi perdana musim ini Sabtu pekan depan, sedangkan Getafe  menjamu Granada sehari kemudian.

Baca juga: Real Madrid dipermalukan tim promosi Cadiz
Baca juga: Suarez sokong Atletico Madrid kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: 10 pemain Sevilla tersungkur di markas Granada

Susunan pemain:

Getafe (4-4-2): David Soria; Damian Suarez, Djene Dakonam, Erick Cabaco, Mathias Olivera; Allan Nyom, Nemanja Maksimovic (Victor Mollejo), Mauro Arambarri, Marc Cucurella; Jaime Mata (Enes Unal), Cucho Hernandez (David Timor)
Pelatih: Jose Bordalas

Barcelona (4-2-3-1): Neto; Sergi Roberto (Riqui Puig), Gerard Pique, Clement Lenglet, Sergino Dest; Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Martin Braithwaite); Pedri (Philippe Coutinho), Antoine Griezmann (Trincao), Ousmane Dembele (Ansu Fati); Lionel Messi
Guru: Ronald Koeman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020